Sabtu, 05 Juli 2008

TIPS MERAWAT KELINCI

SEDIKIT TENTANG KELINCI YA....

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Angora, miniLop, Dutch, Giant, lyion dan lain-lain. Khusus lyion sebenarnya adalah silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain, namun dikalangan peternak kelinci hias disebut sebagai lyion atau angora jadi-jadian. Di Indonesia, peternakan kelinci dibagi dua yaitu peternakan daging dan hias.

NIE ADA SEDIKIT TIPS BUAT PARA PECINTA KELINCI BIAR SUKSES MELIHARANYA

Sekedar berbagi pengalaman aja tentang memelihara kelinci buat pemula. Supaya jangan kejadian lagi setelah beli satu dua hari langsung mati. Kesian, nggak tega ngeliatnya. Kemaren beli kelinci mati melulu sampe 5 ekor. Setelah itu baru berhasil hidup. Sekarang udah gede. Nah, ini tipsnya:

1. Anak kelinci jangan dikasih minum. Karena dia perutnya belum kuat. Kalo dikasi minum pasti mati deh besoknya. Setelah umur 3-4 bulan baru dia bisa minum air.

2. Jangan kasih wortel atau sayuran yang terlalu banyak mengandung air. Alasannya sama seperti nomer satu.

3. Yah jangan sampe kedinginan lah. Apalagi kehujanan. Soale itu kelinci yang dijual di pinggir-pinggir jalan, biasanya umurnya masih kecil banget. Harusnya masih diasuh sama induknya. Jadi butuh kandang yang hangat.

4. Kasih aja kangkung segar, jangan ditumis loh :)) Atau kulit jagung muda. Tapi yang paling gampang kangkung aja. Secukupnya, jangan kebanyakan.

5. Pengalaman kemaren, beli makanan kelinci di karfur berupa pelet, harganya mahal banget, bisa 50rb sekilo. Akhirnya kita kasih pelet ikan koi, yang warnanya merah jambu. Harganya cuman 10.000 perak aja. Udah gitu, dia lebih seneng pelet ikan koi ini daripada pelet kelinci yg di karfur. Belinya sih di tukang ikan hias. Nanti deh fotonya saya attached.

6. Kalo masih ada halaman. Kasih kesempatan dia ngelayap. Jadi pagi2 banget kasih makan kangkung dulu. Setelah dia kenyang, baru diumbar keluar. Biarin dia makan rumput2 liar di halaman. Dengan begini dia jadi gesit dan cepet sehat. Sebab kelinci yang dijual di pinggir jalan kadang udah sakit karena kelamaan dipajang. Setelah sore baru dikandangin.

7. Jangan kebanyakan dipegang2 atau digendong2. Itu kan kelinci hidup, bukan boneka. Kalo mau digendong2 mending beli boneka aja. Atau gendong anak tetangga aja.

8. Kandangnya sebaiknya yg bawahnya kawat. Biar kotoran dan pipisnya langsung jatuh. Nggak membasahi kandang. sehingga kandangnya tetep kering, nggak lembab.

9. Kalo beli anak kelinci sebaiknya yg kira2 ukurannya seumuran. kalo ada yg terlalu bongsor, nanti temennya keinjek-injek bisa mati.

10. Kalo beli yah jangan banyak2. Satu atau dua aja dulu. Nanti kalo udah bisa miaranya, baru mau nambah juga boleh.

11. Ati2 sama tikus wirok, alias tikus bandung yang kalo di kota gedenya bisa segede kucing kampung. Plus ati2 sama kucing. Dua2nya bisa melahap anak kelinci kita dengan gembira.

12. Yang hobi tanaman hias, siap2 tanamannya pada bondol semua.

13. Apalagi yah... kayaknya cukup deh. Oh ada satu lagi, kalo kira2 nggak sanggup memelihara, yah jangan beli. Kalo mati, kesian. Mereka kan makhluk hidup juga.

25 komentar:

Ine Pechler mengatakan...

Aduh....terima kasih banget atas tipsnya.
Saya baru beli kelinci anggora, 4 hari kemudian mati. Anak saya sampe nangis2...
Ternyata banyak kesalahan yang kita perbuat selama merawatnya.

LAZ TAMU mengatakan...

Thanks TIPSnya, gw baru dikasih ama sudara anak gw kelinci katanya dia baru pulang dr cisarua liat kelinci inget anak gw. jadi tuh dibeli udah 2 hari, kasih gambaran donk kelinci beli kandangnya dimana? buat sendiri apa beli. Thanks

vero mengatakan...

aku punya kelinci anggora 2 baru beli,yg kemaren beli terus mati.
katanya ga blh kasih makan kangkung krn bisa diare tapi sawi ijo biar bulunya bagus.........gimana????????

kelinciku mengatakan...

apa iia,kelinci gak boleh banyak2x makan...
trus,perut kelinci emang gak boleh di pegang yaa??????///

franz mengatakan...

kenapa ywah kelinci saya kaki,hidung sama kuping nywah da koreng gt
udah 2 bulan ngg hilang-hilang

franz mengatakan...

kouk baru kali ini melihara kelinci kakinya + hidungnya korengan apa ywah obatnya udah 2 bulan ngg hlang"

Risnal mengatakan...

boleh gak sih kelinci d jemur????....yah, biar bulunya gak basah n gak terlalu bau???

Fikri Hakim mengatakan...

Maksih atas tipsnya, makan kangkung bisa bikin diare,Karena ada getahnya jadi kasih kangkung yang dah layu yah!

-eva- mengatakan...

Kelinci boleh dimandiin gak sih? Kelinciku pantatnya pada kotor semua, ngebersihinnya gimana ya.. Kata yang jual belum boleh dimandiin..

tania mengatakan...

Setau gw kelinci itu jgn dijemur karna dia ga tahan panas.trus kelinci boleh aja dimandiin tp kl ngerasa ga bisa atau takut,bawa aja kesalon hewan dijamin bersih & wangi deh,plus harganya murah juga kok..Kl soal makan kelinci tuh sensitif bgt,jgn dikasih kangkung yah,pokoknya hati2 kasih makan kelinci.Oya guys kandang harus selalu bersih & kering yaaah...

warna mengatakan...

ty atas infonya...^_^v

rrj mengatakan...

Gambar kelinci cayank-nya mana.
RR

IceTreder mengatakan...

boleh di mandiin gak kelininya

ssi_mimi mengatakan...

haayy :)
akku windy .
akku baruu nemukan kelincii kku yg hilang slama 2 harii .
huft*
[ sedihh dhe klo mengingat nyaa lagii ].

oia,
hampir lupa .
windy pnya kandang merpatii yg gede X .
kira.kira kandang merpatii dengan kelincii bisa dii gabung.in gag ?

_rep :)

Putri 'Kobo' (FP's) mengatakan...

mas, kelinciku beranak 8, anaknyaudah ada bulunya, udah belajar jalan...nah klo kayak ginigimana ngerawatnya biar dia idup??

hanifah.adinda mengatakan...

aku punya kelinci, sekarang umurnya udah mau 2 thn, dikasih makan nya macem macem sayuran. kalo ada yang bilang gaboleh dikasih kangkung, kayanya ga juga deh, buktinya kelinci ku sehat banget.
jangan terlalu sering dikandangin, soalnya dia bakal stress, dan kalo yang betina nanti peranakannya jadi kurang bagus karna dia jadi kurang aktif kalo dikandangin.
kalo anak kelinci jangan terlalu sering digendong, apalagi tulang rusuknya masih rawan, jangan sampe kedinginan juga.
tapi yang masih saya belom bisa cara merawat anak kelinci yang aru lahir, karna ibunya juga gamau nyusuin -.-

hanifah.adinda mengatakan...

oh iya, kalo kelincinya ada yang kena penyakit koreng gatel gatel gitu, langsung aja di bawa ke dokter, nanti disana dikasih obat, waktu kemaren sih biayanya cuma 20rb/ekor, dan sekitar 2 hari udah sembuh lagi

ayu_saphire2011 mengatakan...

huaaa,,akhirnya sy tau juga gmana cara merawat kelinci, daridulu pengen beli tp takutnya sampe d rumah mati, :D

astikarita mengatakan...

TQ tipsNy bagus juga
Tpi Kata abang2Ny jngn dKsih woret am kangkung nti mencret jdi kasih sawi aj ma pelet Kelinci.....
Lah trs lo klinci mencret obat n prlakuanNy gmna y?? Kasian liatNy pantatNy blepotan gitu..... Mhon infoNy y

soeni mengatakan...

loh klinci bukannya jgn d ksih kangkung d karenakn klo mkan kngkung dy psti mencret n gak lma akn matii..

soeni mengatakan...

masukkan aja ..bwt tmen" yg punya kelinci kulitnya korengan tu d sebabkan oleh kutu..n cra mengatsi nya oleskan sja minyak nbati or alkohol..ya semoga ja bsa mengatsinya..mkanya kndang nya d rwat spya gak da ktunya,,thenkzz

cari slamet mengatakan...

haa..??
saya kurang sependapat dengan anda...
semua makhluk hidup butuh air...
asi juga air...
menurut saya jangan memberi mkan dengan kangkung(bahaya sering terdapat telur cacing)...
lebih baik wortel...

Chinthia Rrizha Aviero (Chinthia Riza Amelia Pakpahan) mengatakan...

Kelinci saya suka makan tulang,itu boleh gak sih?
terus dia juga suka makan kayak biskuit gitu.
apa itu akan mengganggu pencernaan nya?
Terus saya baru beli kelinci jenis lyon terus dari pipis nya itu keluar darah,itu kenapa ya?

ahmad musyrifin mengatakan...

wah makasih infonya yah, soale saya besok mo beliin kelinci angora buat anak saya.....

TITA GRIYA souvenir mengatakan...

Kelinci dimandiin ga sih? Crny?